Kode Etik dan kebijakan bisnis penjualan langsung PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA

kode etik smm

Peraturan-peraturan dan Kode Etik dibuat dengan maksud untuk:

  1. Menjaga dan melindungi kepentingan seluruh Mitra Bisnis yang telah bergabung dalam system dan pemasaran PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  2. Memberi kesempatan yang sama terhadap seluruh Mitra Bisnis dalam mengembangkan usahanya.
  3. Menerapkan dan mengatur standar moral berusaha dan tanggung jawab di antara Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  4. Menegaskan pentingnya hubungan antara sesama Mitra Bisnis dengan meningkatkan kerukunan dan mengatur prinsip-prinsip utama dalam kegiatan sebagai Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  5. Menyatakan hak, tugas dan tanggung jawab dan kewajiban para mitra bisnis dalam menjalankan dan mengembangkan hak usahanya.

Kode Etik ini merupakan rangkaian norma-norma atau prinsip dasar guna keselarasan dan kenyamanan seluruh Mitra Bisnis dalam menjalankan aktivitas usaha dan kerjasama dengan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.

ISTILAH-ISTILAH YANG DIGUNAKAN DALAM KODE ETIK:

  1. PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA adalah suatu perseroan terbatas yang berbadan hukum Indonesia dengan memiliki legalitas penjualan langsung yang berkedudukan di Jl. Urip Sumoharjo No.159 B Wayhalim Permai, Bandar lampung
  2. Penjualan langsung adalah sebuah metode penjualan produk tertentu secara langsung melalui jaringan pemasaran yang dilakukan oleh mitra bisnis yang bekerja atas dasar bonus dan komisi berdasarkan penjualan kepada konsumen
  3. Mitra Bisnis adalah seseorang yang telah diterima dan disetujui oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA sebagai mitra usaha, dengan demikian timbul hak dan kewajiban sebagai Mitra Bisnis.
  4. Domain https://www.smm4us.co.id merupakan website dari PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang memuat informasi-informasi tentang PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, transaksi, data dan komisi Mitra Bisnis yang dapat diakses oleh setiap Mitra Bisnis melalui jaringan internet.
  5. Marketing plan adalah program pemasaran yang dibuat oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dan cara bagi Mitra Bisnis untuk menjalankan usaha dan mendapatkan keuntungan.
  6. Formulir pendaftaran adalah lembar isian yang wajib diisi dengan lengkap secara online, jelas dan benar oleh seorang calon Mitra Bisnis setelah dimengerti dan menerima semua peraturan yang berlaku di PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  7. Produk  adalah barang yang dipasarkan dan dijual oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  8. No. ID SMM adalah nomor identitas Mitra Bisnis yang diperoleh setelah resmi menjadi Mitra Bisnis disetujui oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dan dapat digunakan sebagai nomor referensi dalam menjalankan bisnis dengan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  9. Upline adalah Mitra Bisnis yang menjadi sponsor dari Mitra Bisnis lain.
  10. Downline adalah Mitra Bisnis yang disponsori langsung oleh Mitra Bisnis lain.
  11. Jaringan adalah seluruh Mitra Bisnis yang berada dalam kelompok Mitra Bisnis yang bersangkutan.
  12. AKSI (Akademi Sukses Indonesia) adalah nama pelatihan yang di buat oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dalam melakukan pembinaan mitra bisnis.
  13. Buy Back Guarantee adalah jaminan pembelian kembali produk yang sudah dibeli oleh mitra bisnis jika mengundurkan diri atau diberhentikan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  14. Cooling of periode adalah masa tenang atau waktu untuk berfikir calon mitra bisnis untuk melanjutkan keanggotaanya atau menghentikan keanggotaanya.
  15. Satisfaction guarantee adalah jaminan pengembalian uang / pergantian produk oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  16. Agen dan Stokis adalah mitra bisnis yang menjadi perpanjangan tangan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang diberikan kepercayaan dan tanggung jawab dalam memberikan layanan penjualan produk atau hal lainya kepada mitra bisnis yang berkaitan dengan lingkungan bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  1. Setiap orang mempunyai kesempatan yang sama untuk menjadi Mitra Bisnis, tanpa membedakan latar belakang pendidikan, jenis kelamin, status perkawinan, suku, golongan maupun agama.
  2. Calon Mitra Bisnis telah berumur 18 tahun dan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) pada saat permohonan diajukan
  3. Calon Mitra Bisnis membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,- (Seratus ribu rupiah) dan mendapatkan 1 (satu) set alat bantu penjualan berupa starter kit berisi company profile, marketing plan, product Knowledge, daftar harga produk, Kode etik dan 1 (satu) User ID untuk mengakser member area PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA setelah melakukan transaksi pembelian produk sesuai paket FO (fist order).
  4. Untuk menjadi Mitra Bisnis, seorang calon dapat datang langsung atau direkomendasikan oleh seorang Mitra Bisnis lain, setelah mendapat penjelasan dan memahami sistem pemasaran oleh petugas / presenter, dapat segera mendaftarkan diri dengan mengisi formulir pendaftaran yang telah disediakan maupun langsung melalui website : https://www.smm4us.co.id
  5. Setiap Mitra Bisnis tidak boleh melakukan pendaftaran untuk menjadi Mitra Bisnis perusahaan lebih dari 4 (empat) kali untuk ID atas nama yang sama.
  6. Setiap Mitra Bisnis harus terdaftar atas nama individu tidak boleh atas nama suatu perusahaan, koperasi, badan usaha atau kumpulan.
  7. Semua pernyataan dan persyaratan dalam formulir tersebut harus diisi dengan benar dan jujur, PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak untuk menolak keanggotaan Mitra Bisnis jika ditemukan bukti bahwa adanya manipulasi data-data pribadi.
  8. Setiap calon Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang mendafatar, harus memiliki rekening dibank sebagaimana yang tercantum dalam formulir registrasi PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA. Demi keamanan semua komisi dan bonus akan ditransfer melalui rekening bank dan tidak bisa diambil secara tunai dikantor, PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA tidak bertanggung jawab atas kesalahan pengisian data dan rekening bank oleh Mitra Bisnis.
  9. Semua pembayaran / transaksi calon Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA kepada PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dinyatakan sah apabila dilakukan melalui transfer kerekening atas nama PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang telah ditentukan, atau pembayaran transfer dengan bukti struk yang disah kan oleh petugas PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA. Pembayaran yang tidak dilakukan sesuai ketentuan diatas adalah tidak sah dan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA tidak bertanggung jawab apabila terjadi kerugian akibat transaksi tersebut.
  10. Jika permohonan Mitra Bisnis disetujui maka yang bersangkutan berhak untuk mendapatkan produk sesuai dengan paket yang dipilih dari calon Mitra Bisnis.
  11. Khusus pendaftaran calon Mitra Bisnis yang dilakukan di luar Kota BANDAR LAMPUNG diperlukan jangka waktu, persiapan administrasi serta produk akan sampai ke tangan Mitra Bisnis + 7 hari tergantung jarak kota dan expedisi.
  12. Dengan disetujuinya keanggotaan seseorang, secara otomatis Mitra Bisnis terikat dengan segala ketentuan yang terdapat dalam Kode Etik dan Peraturan yang ditentukan oleh perusahaan.
  1. Seorang Mitra Bisnis mempunyai tanggungjawab masing-masing, sehingga apa yang dilakukan atau dipresentasikan merupakan tanggungjawabnya.
  2. Seorang Mitra Bisnis bukan merupakan wakil dari PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dan tidak dibenarkan menyatakan dapat mewakili perusahaan dalam hal membuat ikatan kerja, menjual saham dari PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA termasuk pula memberikan penjelasan kepada media masa dan lain sebagainya.
  3. Sebagai seorang Mitra Bisnis yang mandiri, tidak mempunyai ikatan dan tidak berhak menuntut untuk mendapat tunjangan dalam bentuk apapun dari PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  4. Keanggotaan Mitra Bisnis seseorang dapat dijual/dihibahkan. Penjualan/ penghibahan keanggotaan tersebut harus diajukan secara tertulis oleh Mitra Bisnis yang bersangkutan setelah memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh perusahaan.
  1. Semua Mitra Bisnis tanpa kecuali, diperkenankan dan berhak untuk memperkenalkan usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA kepada calon Mitra Bisnis, jumlah calon Mitra Bisnis tidak terbatas namun demikian hendaklah memperhatikan kemampuan dan pembinaan selanjutnya, serta tetap harus berpedoman pada sistem usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  2. Setiap Mitra Bisnis harus jujur dan memberikan penjelasan yang benar mengenai sistem usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dalam kegiatan dan pengembangan usahanya.
  3. PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA tidak bertanggungjawab atas janji-janji baik lisan maupun tertulis yang dilakukan oleh Mitra Bisnis dalam upaya untuk menarik calon Mitra Bisnis, janji-janji tersebut merupakan tanggungjawab masing-masing Mitra Bisnis.
  4. Mitra Bisnis yang sudah terdaftar tidak boleh merebut calon Mitra Bisnis baru (downline) yang sudah terdaftar dan mempunyai upline lain terkecuali atas persetujuan upline lain tersebut atau alasan-alasan lain yang dapat dipertanggungjawabkan / upline tidak melakukan kewajiban yang ada didalam kode etik perusahaan dan disetujui oleh pihak perusahaan.
  5. Setiap Mitra Bisnis (upline) wajib memberikan bimbingan, pelatihan dan penjelasan segala sesuatu hal yang berhubungan dengan usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dengan benar dan tulus.
  6. Dalam upaya untuk menarik calon Mitra Bisnis baru, Mitra Bisnis tidak diperkenankan melakukan upaya dengan memasang iklan yang mengesankan seolah-olah memberikan lowongan pekerjaan dengan mangatas namanya usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  1. Keuntungan akan diberikan kepada Mitra Bisnis yang memenuhi persyaratan sesuai dengan sistem usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  2. Komisi yang menjadi hak Mitra Bisnis akan dikirimkan dengan cara transfer. Secara otomatis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA akan mentransfer komisi / keuntungan ke rekening masing-masing Mitra Bisnis diesok harinya ketika komsisi mencapai angka nominal yang ditentukan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  3. Setiap Mitra Bisnis yang mendapatkan keuntungan atau komisi akan langsung dipotong biaya administrasi dan biaya pajak mengikuti sistem perpajakan yang berlaku di Indonesia.
  4. Khusus Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang berdomisili di luar Kota Bandar Lampung akan dikenakan biaya pengiriman yang diatur dalam ketentuan lain.
  5. Kesalahan dalam memasukkan data bank pada saat pendaftaran menjadi tanggungjawab Mitra Bisnis sendiri dan komisi akan diproses setelah Mitra Bisnis melakukan edit data dengan menghubungi admin PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  1. Pembelian barang (produk) ke perusahaan secara transfer langsung kerekening atas nama PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  2. Mitra Bisnis dilarang mencabut dan / atau merusak dan / atau mengganti segala label, sticker yang tertera pada kemasan produk, brosur, ataupun alat bantu jual lainnya yang dikeluarkan perusahaan yang dapat menyebabkan kesalah-pengertian konsumen.
  3. Setiap Mitra Bisnis dilarang menyatakan bahwa dia atau Mitra Bisnis lain mempunyai suatu daerah penjualan tertentu secara monopoli.
  4. Setiap Mitra Bisnis tidak diperkenankan membuat suatu penjelasan sendiri yang berkenaan dengan produk. Sanksi akan diberikan kepada Mitra Bisnis yang melanggar ketentuan ini sebagaimana diatur dalam Bab X ayat 1, 2 dan 3.
  5. Harga jual produk ditentukan oleh perusahaan. Mitra Bisnis tidak diperkenankan menjual dengan harga yang lebih rendah. Sanksi akan diberikan kepada Mitra Bisnis yang melanggar ketentuan ini sebagaimana diatur dalam Bab X ayat 1 dan 2.
  6. Perusahaan mengupayakan setiap distributor mandiri tidak menimbun produk, dan melakukan pembelian produk dalam jumlah yang sewajarnya untuk penggunaan pribadi.
  1. Dalam hal seorang Mitra Bisnis meninggal dunia, maka kedudukan Mitra Bisnis tersebut dapat diwariskan kepada yang namanya tercantum dalam kolom penerimaan yang tercantum dalam formulir pendaftaran, apabila tidak dicantumkan maka pelaksanaan hak dan kewajibannya berdasarkan Surat Keterangan Waris yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.
  2. Apabila pewaris masih di bawah umur (kurang dari 18 tahun) maka yang berhak untuk melaksanakan hak dan kewajibannya adalah wali berdasarkan Surat Perwalian yang dikeluarkan oleh instansi yang berwenang.
  3. Apabila ahli waris tersebut telah menjadi Mitra Bisnis, maka hal tersebut tidak menutup haknya sebagai ahli waris.
  1. Setiap Mitra Bisnis dilarang memakai logo atau nama PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA  di dalam segala kegiatannya baik pada kop surat, cek dan lain sebagainya, tanpa terlebih dahulu mendapat ijin tertulis dari PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, kepada yang melanggar ketentuan ini akan dikenakan sanksi baik dari segi administrasi maupun tindakan hukum sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku di Indonesia.
  2. Penggunaan logo PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA diperkenankan digunakan pada kartu nama, banner, kendaraan dll Mitra Bisnis dengan pesanan melalui PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.

A. Hak Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA

  1. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak mendapatkan penjelasan yang benar baik dalam hal informasi mengenai Perusahaan, Produk, Marketing Plan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, maupun promosi yang diadakan oleh Perusahaan
  2. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak mendapatkan kesempatan yang sama untuk berprestasi dalam melakukan penjualan produk dan mendapatkan komisi sesuai Marketing Plan yang ditetapkan.
  3. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak memperoleh penghasilan uang, komisi, bonus, cashback dari bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berdasarkan acuan serta perhitungan di Marketing Plan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berdasarkan hasil kerja dan memenuhi ketentuan sesuai yang disyaratkan.
  4. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak mendapatkan produk yang bermutu sesuai dengan manfaat dan harga yang dibayarkan kepada Perusahaan.
  5. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak mengikuti semua kegiatan, pelatihan perusahaan, serta promosi sesuai dengan ketentuan Perusahaan.

B. Kewajiban Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA

  1. Setiap Mitra Bisnis wajib menjaga nama baik dan menjunjung tinggi profesionalisme dalam menjalankan usaha dengan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dan sesama Mitra Bisnis.
  2. Bersikap sopan, menghargai, menghormati dan menjunjung tinggi kejujuran, integritas sebagai Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  3. Setiap Mitra Bisnis wajib memenuhi standar yang ditetapkan dalam peraturan dan kode etik dan peraturan bisnis yang dikeluarkan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  4. Setiap Mitra Bisnis tidak boleh memberikan presentasi yang tidak sesuai dengan pedoman dan kode etik dan peraturan bisnis yang dikeluarkan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  5. Setiap Mitra Bisnis wajib menjalin hubungan harmonis baik di dalam kelompoknya maupun kelompok Mitra Bisnis lainnya di lingkungan usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  6. Setiap Mitra Bisnis wajib untuk mendukung segala kebijaksanaan dan ketetapan yang dikeluarkan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, baik untuk kepentingan sesama Mitra Bisnis maupun perusahaan.
  7. Setiap Mitra Bisnis berkewajiban pula untuk meningkatkan pengetahuan kelompoknya dan penggunaan teknologi yang diterapkan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  8. Setiap Mitra Bisnis bertanggungjawab atas penggunaan fasilitas ID, segala kesalahan yang terjadi dari penggunaan ID  menjadi tanggungjawab pribadi Mitra Bisnis.
  9. Segala kebenaran data yang tertuang dalam pengisian formulir pendaftaran menjadi tanggungjawab Mitra Bisnis masing-masing.

A. Peraturan Umum

  1. Setiap Mitra Bisnis harus menjaga nama baik PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA serta menjaga hubungan yang harmonis antar Mitra Bisnis.
  2. Apabila Mitra Bisnis merugikan Mitra Bisnis lainnya atau apabila mengetahui Mitra Bisnis yang merugikan aktivitas usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, maka Mitra Bisnis wajib segera melaporkan secara tertulis kepada PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA untuk dilakukan tindakan sesuai kode etik dan peraturan bisnis perusahaan yang berlaku.
  3. Mitra Bisnis tidak diperkenankan membanding-bandingkan produk PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang dipasarkan dengan produk yang dipasarkan oleh perusahaan sejenis, termasuk pula terhadap manajemen dan sistem pemasaran dan lain sebagainya.
  4. Mitra Bisnis tidak diperkenankan menjadi anggota perusahaan lain sejenis yang merupakan pesaing bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dan mempengaruhi Mitra Bisnis di PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  5. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dapat memilih untuk meneruskan atau membatalkan keanggotaannya dalam waktu 10 (sepuluh) hari setelah pendaftaran diterima oleh Perusahaan, dengan memberitahukan secara resmi kepada Perusahaan, mengembalikan semua alat bantu penjualan seperti Starter Kit dan kelengkapannya. Perusahaan akan mengembalikan secara penuh biaya pendaftaran yang telah dibayar oleh Mitra Usaha bersangkutan (Cooling Off Periode).
  6. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang membatalkan keanggotaannya dalam masa Cooling Off Periode, maka yang bersangkutan tidak bisa mendaftar kembali sebagai Mitra Usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dalam waktu 6 (enam) buIan terhitung dari tanggal dibatalkan keanggotaannya.
  7. Jaminan Kepuasan (Satisfaction Guarantee), Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak untuk melakukan penukaran produk yang telah dibeli dalam waktu 7 (tujuh) hari, apabila ternyata mutu produk yang disampaikan tidak sesuai dengan yang diklaim atau dijanjikan secara tertulis oleh Perusahaan (sesuai yang terdapat dalam brosur/katalog resmi Perusahaan). Penukaran bisa dilakukan dengan melampirkan Nota Penjualan Resmi dan atau bukti transfer. Perusahaan akan menukarkan dengan produk yang sama, dan segala biaya pengiriman menjadi tanggungan Mitra Usaha.
  8. Apabila terbukti bahwa produk PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang sudah digunakan atau dimanfaatkan sesuai ketentuan menimbulkan kerugian fisik bagi Mitra Usaha, maka Perusahaan akan memberikan ganti rugi atau kompensasi atas kerugian tersebut dengan selayaknya. Ganti rugi tidak berlaku apabila kerugian yang timbul adalah akibat kelalaian dari Mitra Usaha atau akibat dari penggunaan produk yang tidak sesuai ketentuan.
  9. Jaminan Pembelian Kembali (Buy Back Guarantee), Perusahaan akan membeli kembali sisa produk termasuk alat bantu penjualan (starter kit, katalok dan brosur) yang masih layak jual dari Mitra Usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang ingin membatalkan keanggotaannya ataupun dibatalkan oleh Perusahaan dengan harga senilai harga pembelian awal. Produk dan alat bantu penjualan yang bisa dikembalikan adalah sesuai syarat yang ditetapkan pada Bab ini. Perusahaan akan memotong biaya administrasi 10 % dan seluruh nilai komisi dan bonus serta manfaat lainnya yang telah diterima oleh Mitra Usaha terkait dengan produk yang dikembalikan dengan syarat produk yang dikembalikan harus dalam keadaan baik dan layak jual dan ongkos kirim produk yang dikembalikan oleh Mitra Bisnis ditanggung oleh Mitra Bisnis sendiri.

B. Larangan Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA

  1. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang memberikan keterangan menyesatkan atau over claim kepada khalayak ramai, dan atau informasi yang bertentangan dengan kebijakan atau literatur resmi dari PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  2. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang menjual dengan cara paksaan atau cara lain yang dapat menimbulkan gangguan pada pihak lain baik secara fisik maupun psikis’.
  3. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang membujuk calon Mitra Usaha lain ataupun konsumen untuk membeli atau menimbun produk yang melebihi kebutuhannya.
  4. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang mengganti kemasan produk ataupun merubah jumlah atau isi dari paket produk resmi yang sudah ditetapkan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, karena tindakan ini dapat merusak dan merugikan.
  5. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang mengurangi ataupun menambah kompensasi program diluar yang sudah ditetapkan oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA. Apabila Mitra Usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA ingin membuat program sendiri dengan tujuan ingin meningkatkan penjualan atau jaringannya, maka yang bersangkutan tidak diperbolehkan menggunakan logo/ kata-kata PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA ataupun afiliasinya di dalam program tersebut.
  6. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang menjual atau mengedarkan produk yang sudah tidak layak pakai atau tidak layak konsumsi.
  7. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang menjual produk dibawah harga yang sudah ditetapkan resmi oleh PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA. Apabila terjadi pelanggaran dan terdapat pelaporan dengan bukti yang cukup dan otentik, maka perusahaan berhak untuk memberikan surat peringatan hingga memberhentikan keanggotaannya, dan tanpa disertai kompensasi apapun.
  8. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang menggunakan tulisan, lambang dan merek dagang PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dan afiliasinya untuk brosur atau alat bantu jual lainnya untuk sesuatu yang tidak benar atau tidak sesuai.
  9. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang bertindak untuk dan atas nama perusahaan, mewakili perusahaan melakukan pengikatan hukum dengan pihak lain ataupun mewakili seolah-olah dirinya adalah bagian dari struktur atau karyawan dari perusahaan.
  10. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang mengklaim diri atau jaringannya untuk seolah-olah menguasai atau mempunyai wilayah usaha tertentu secara monopoli di bisnis ini.
  11. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dilarang memperkenalkan atau mensponsori staff/pegawai PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, termasuk orang tuanya dan saudara sedarah dari staff/pegawai tersebut. Apabila hal itu dilakukan, maka perusahaan akan menghapus keanggotaan dari yang telah disponsorinya, perusahaan juga berhak untuk memberhentikan Mitra Usaha yang melanggar tersebut dari PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  12. Mitra Bisnis tidak diperkenankan memberi imbalan dalam bentuk apapun juga kepada karyawan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA atas pelayanan yang diberikan sehingga dapat menimbulkan persekutuan yang tidak sehat.
  13. Apabila PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA mempunyai bukti atas pelanggaran tersebut diatas maka segala hak Mitra Bisnis dihapus dari keanggotaan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  1. PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak mencabut keanggotaan seorang Mitra Bisnis setiap saat tanpa pemberitahuan terlebih dahulu bila terbukti telah melakukan penipuan, melanggar kode etik dan peraturan bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, mencemarkan nama baik perusahaan, merusak barang-barang milik PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA atau menyimpang dari rencana pengembangan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  2. Pencabutan keanggotaan karena melanggar kode etik atau peraturan bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA tidak akan diberikan kepada siapapun juga atau dianggap hangus.
  3. Pengakhiran keanggotaan secara sukarela atau secara paksa oleh perusahaan akan berakibat penghapusan segala hak-hak yang diperoleh.
  1. Hak seorang Mitra Bisnis akan berakhir disebabkan oleh :
    1. Mengundurkan diri secara sukarela.
    2. Dicabut, karena pelangaran kode etik
    3. Menjual produk dibawah harga jual eceran yang sudah ditentukan oleh perusahaan
    4. Adanya keputusan dari pihak Pengadilan Negeri.
  2. Apabila mitra bisnis berhenti secara sukarela atau secara paksa oleh perusahaan dan masih memiliki stok produk maka pada mitra bisnis diberikan hak untuk menjual produk ke perusahaan dan perusahaan akan membeli produk tersebut sepanjang layak dijual, dengan nilai produk yang dikurangi dengan biaya administrasi dan komisi yang diperoleh akibat pembelian produk dimaksud.
  3. Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang telah membatalkan keanggotaannya tersebut, selanjutnya akan melepas segala bentuk keterkaitan dari seluruh jaringannya yang lama, termasuk terhadap seluruh komisi dan bonus serta pengumpulan pointnya jika ada dan tidak ada kompensasi apapun yang akan digantikan oleh Perusahaan terhitung setelah tanggal pemberhentian.
  4. Seorang anggota atau Mitra Bisnis yang sudah dibatalkan/dihentikan keanggotaannya, bisa mendaftar lagi setelah lewat dari 90 (sembilan puluh) hari, terkecuali yang bersangkutan termasuk dalam pelanggaran berat.
  5. Pelanggaran berat yang dimaksudkan dalam poin diatas adalah jika terlibat kasus pidana berat semisal pembunuhan, korupsi, penipuan, maupun terorisme, dan sebagainya dalam status yang sudah disangkakan maupun yang berketetapan hukum.
  6. Perusahaan tidak memberikan toleransi atas Pembajakan/pemindahan Jaringan atas seorang anggota lain yang keanggotaannya masih berlaku, jika ada seorang anggota mendaftarkan kembali keanggotaannya dengan menggunakan upline yang lain, baik karena kemauan sendiri maupun karena dipengaruhi orang lain, maka keanggotaan yang baru akan dibatalkan beserta seluruh haknya akan hangus pada keanggotaan baru tersebut.

A. Hak Perusahaan

  1. Perusahaan berhak menerima atau menolak permohonan menjadi anggota yang disampaikan melalui formulir pendaftaran Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang diisi oleh calon Mitra Usaha secara benar dan jujur.
  2. Demi perlindungan atas usahanya, Perusahaan berhak melakukan segala tindakan yang sesuai hukum atas pelanggaran yang dilakukan oleh Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dalam menjalankan usahanya yang dinilai tidak mematuhi kebijakan-kebijakan yang telah digariskan Perusahaan.
  3. Perusahaan berhak menghentikan keanggotaan atau kerjasama bisnis dengan Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dengan pemberitahuan tertulis sebelumnya.
  4. Perusahaan berhak mengadakan perubahan dan penyesuaian atas Marketing Plan, Promosi, dan Kode Etik dan Peraturan Umum Perusahaan, dengan persetujuan dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia, dan di sosialisasikan kepada seluruh anggota selambat-lambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum diberlakukan.

B. Kewajiban Perusahaan

  1. Perusahaan berkewajiban memberikan informasi yang jelas dan benar kepada Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berkaitan dengan usahanya, Marketing Plan, produk dan semua hal yang terkait dengan kegiatannya.
  2. Perusahaan berkewajiban mematuhi aturan yang mengacu pada ketentuan yang berlaku di Indonesia dalam melakukan usahanya dan pembinaan Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  3. Perusahaan berkewajiban mengadakan produk yang baik, berkualitas, dan memiliki ijin edar, serta menyediakan alat-alat bantu penjualan yang diperlukan untuk Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dalam menjalankan dan mengembangkan usahanya.
  4. Perusahaan wajib memberikan pelatihan dan pembinaan terkait dengan pengembangan usaha, mengadakan kegiatan dan fasilitas lainnya dalam rangka membantu pengembangan usaha para Mitra Bisni PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA.
  5. Perusahaan berkewajiban menjamin pembayaran komisi dan bonus atas usaha yang dilakukan oleh para Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA sesuai dengan yang tercantum dalam Marketing
  6. Perusahaan berkewajiban memberikan layanan sebaik mungkin kepada para Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dan menjaga kondusifitas usaha bagi para pelakunya.
  7. Perusahaan berkewajiban mengenakan pajak progresif atas penghasilan yang diperoleh Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA dalam menjalankan bisnisnya sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Perpajakan yang berlaku di negara Indonesia untuk Industri Penjualan Langsung.
  1. Rincian Bonus
    1. Bonus Sponsor 15% dari nilai belanja awal orang yang Anda sponsori langsung (paket FO)
    2. Bonus Produk senilai Rp 100.000,- dan Royalty generasi berdasarkan jalur sponsor sebesar 15 generasi @ Rp 3000,- dari nilai belanja produk Anda pribadi yang kedua dan seterusnya (paket RO)
    3. Bonus Pasangan :
      1. Paket Basic = Rp 15.000,- setiap terjadi pasagan Rp 300.000,- kiri dan Rp 300.000,- kanan.
        Maksimal bonus Rp 150.000,- perhari.
        Indeks Konstanta = 15%
      2. Paket Bisnis = Rp 45.000,- setiap terjadi pasangan Rp 600.000,- kiri dan Rp 600.000,- kanan.
        Maksimal bonus Rp 450.000,- perhari
        Indeks Konstanta = 22,5%
      3. Paket JCC+ = Rp 105.000,- setiap terjadi pasangan Rp 3.000.000,- kiri dan Rp 3.000.000,- kanan,
        Maksimal bonus Rp 1.500.000,- perhari
        Indeks Konstanta = 10,5%
    4. Bonus Upgarde
      1. Bonus Sponsor Up Grade = 10% dari semua paket Up Grade
      2. Bonus Pasangan Up Grade = dibayar kekurangan bonus pasangan sesuai paket sebelumnya.
    5. Reward Qualified adalah reward yang dihitung berdasarkan mitra dibawah Anda yang mensponsori 3orang langsung. Adapun besarnya Reward Qualified sebagai berikut:
      1. 10 kiri 10 kanan = Rp 1.000.000,-
      2. 50 kiri 50 kanan = Rp 3.000.000,-
      3. 250 kiri 250 kanan = Rp 13.000.000,-
      4. 2500 kiri 2500 kanan = Rp 150.000.000,-
      5. 000 kiri 10.000 kanan = Rp 400.000.000,-
      6. 000 kiri 20.000 kanan = Rp 400.000.000,-
    6. Reward JCC+ adalah reward yang dihitung berdasarkan titik paket JCC+. Adapun besarnya reward JCC+ sebagai berikut:
      1. 75 kiri 75 kanan = Motor senilai Rp 15.000.000,-
      2. 180 kiri 180 kanan = Mobil senilai Rp 120.000.000,-
      3. 950 kiri 950 kanan = Mobil senilai Rp 500.000.000,-
      4. 2000 kiri 2000 kanan = Rumah senilai Rp 1.000.000.000,-
  2. Keterangan
    1. Komisi Sponsor dan Pasangan dihitung harian dan dibayarkan pada hari berikutnya jika jatuh pada hari Minggu atau hari Libur Nasional maka akan dibayarkan pada hari kerja berikutnya.
    2. Pembayaran komisi dan bonus akan dilakukan secara transfer melalui Bank dengan mengenakan biaya administrasi 5% – 10% yang dibebankan kepada mitra untuk admin dan maintenance system
    3. Komisi dan Bonus dengan minimal transfer Rp.90.000,- paket FO dan Rp. 100.000,- paket RO
    4. Reward Qualified dan JCC+ terakumulasi (tidak hangus)
    5. Reward idak ada batasan waktu dan
    6. Reward JCC+ dipotong Administrasi 20%
  1. Penerimaan Komisi dan bonus oleh Mitra Bisnis dikenakan pajak mengikuti ketentuan perpajakan yang berlaku di Indonesia, dimana setiap Mitra Bisnis yang mendapatkan komisi dan bonus akan langsung dipotong pajak penghasilan (PPh) sesuai dengan peraturan perpajakan yang berlaku.
  2. Bukti Potong Pajak dapat diliat secara langsung di member area Mitra Bisnis yang bersangkutan.
  3. Segala kewajiban perpajakan dari seorang Mitra Bisnis menjadi beban dari tanggung jawab Mitra Bisnis yang bersangkutan.
  1. Pelatihan yang diberikan oleh Perusahaan adalah:
    1. Smm Business Opportunity (SBO) adalah acara yang difasilitasi oleh Perusahaan untuk mengenalkan tentang peluang bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA kepada masyarakat umum sekaligus membantu para Mitra Bisnis yang belum mampu melakukan presentasi mandiri. Acara ini dilakukan secara berkala setiap hari Senin, Selasa dan Sabtu. dilakukan di Kantor Pusat. Terbuka bagi semua mitra.
    2. New Distributor Orientation (NDO) adalah pelatihan bagi para Mitra Usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang baru bergabung untuk mendalami pengetahuan perusahaan, produk, marketing plan, kode etik, etos kerja, budaya Bisnis SMM, 7 langkah dan cara menjalankan bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA. Acara ini dilakukan secara berkala setiap hari minggu dan hari Rabu, pelatihan dilakukan di Kantor Pusat. Terbuka bagi semua mitra.
    3. Start Leader Training (SLT) adalah pertemuan khusus bagi para Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang telah mencapai peringkat minimal Start Leader Acara ini dilakukan secara berkala setiap 1 minggu sekali dan pelatihan dilakukan di Kantor Pusat. Terbuka bagi semua mitra.
  2. Pembinaan akan diberikan oleh perusahaan adalah:
    1. Boot Camp Spiritual Training (BST) merupakan program pembinaan spiritual bagi semua Mitra Bisnis PT SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA. Acara pembinaan sehari penuh yang diadakan oleh Perusahaan untuk mempersiapkan para pemula memiliki spirit, sikap dan mental seorang pengusaha yang baik dan keterampilan dasar dalam menjual produk maupun melakukan sponsorisasi. BST akan diadakan enam bulan sekali dengan berbayar. Tidak ada syarat kualifikasi peringkat untuk mengikuti pembinaan ini.
    2. Towards A Better Life (TBL) merupakan program pembinaan bagi para leader yang mencapai pencapaian tertentu untuk tampil didepan panggung penghargaan, acara ini dilakukan satu tahun sekali bertepatan dengan ulang tahun perusahaan dengan barbayar mendapatkan produk dan tidak ada syarat kualifikasi peringkat untuk mengikuti acara ini.
    3. Home Meeting Stokis (HMS) merupakan program pembinaan bagi seluruh Stokis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA agar dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh Mitra Bisnis, sekaligus memberikan penghargaan kepada Stokis yang berprestasi. Stokis Meeting ini dilakukan setahun sekali di Kantor Pusat. Peserta adalah pemilik dan admin Stokis saja, dan tidak berbayar.
  1. Persyaratan umum menjadi Agen dan Stokis adalah sebagai berikut:
    1. Pemohon Stokis adalah Mitra Bisnis dengan kualifikasi minimal memiliki 100 orang di dalam jaringannya.
    2. Bersedia mematuhi Kode Etik Perusahaan dan peraturan agen dan stokis dari perusahaan, dan bersedia diberikan teguran atau sanksi apabila melanggar aturan.
    3. Bersedia memberikan layanan kepada semua Mitra Bisnis tanpa membedakan jaringan.
    4. Diuatamakan memiliki tempat sendiri (bukan sewa) dan tersedia ruang untuk pertemuan.
    5. Siap melayani komplain produk dan layanan dari semua Mitra Bisnis.
    6. Bersedia dilibatkan oleh perusahaan dalam acara-acara resmi perusahaan di wilayahnya
    7. Besaran deposit awal sebagai Agen dan Stokis PT. SMM SHAFA MARWA  MULTIGUNA adalah Agen Rp 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah)  dan Stokis Rp 150.000.000,- (seratus lima puluh juta rupiah).
  2. Keuntungan menjadi Agen dan Stokis :
    1. Mendapatkan pembinaan khusus dari perusahaan dalam acara tahunan khusus Agen dan stokis.
    2. Mendapatkan bantuan alat peraga seperti brosur, pamflet, flayer, formulir kwitansi standar dari perusahaan secara berkala.
    3. Mendapatkan ongkos kirim gratis untuk stokis dengan pembelian nominal dan produk tertentu.
    4. Mendapatkan potongan harga (Discount) sebesar sesuai paket registrasi Mitra Bisnis dari harga produk setiap kali melakukan order ke perusahaan (tertuang dalam kontrak stokis).
  3. Kewajiban bagi Agen dan Stokis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA:
    1. Agen dan Stockis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA wajib melayani setiap order dari perseorangan di area pemasarannya masing-masing tanpa terkecuali.
    2. Agen dan Stokis wajib memberikan bukti transaksi kepada Mitra Bisnis yang membeli produk, ataupun yang bergabung sebagai Mitra Bisnis baru.
    3. Untuk order perseorangan/Mitra Bisnis yang memerlukan jasa kurir, Agen dan Stockis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berhak menambahkan ongkos pengiriman, agar adil dan tidak terjadi penjualan dibawah harga resmi Perusahaan.
    4. Jumlah Repeat Order Minimum dari Agen sebesar Rp 10.000.000,- (sepuluh juta rupiah) dan Stokis sebesar Rp 30.000.000,- ( tiga puluh juta rupiah) dalam sekali order.
  1. Perselisihan Antar Sponsor

PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA tidak akan menengahi perselisihan apapun yang berasal dari satu atau beberapa individu yang menghubungi calon anggota (Prospek) yang sama. Jika lebih dari 1 (Satu) Mitra Usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA yang mengklaim telah mensponsori orang yang sama, maka Perusahaan hanya akan mengakui atas aplikasi keanggotaan yang terlebih dahulu melakukan pendaftaran melalui online di Web Pusat www.smm4us.co.id

  1. Perselisihan Dengan Perusahaan
    1. Segala bentuk perselisihan dengan perusahaan akan diselesaikan dengan mengutamakan prinsip musyawarah dan kekeluargaan. Namun apabila perselesihan tidak dapat terselesaikan dengan baik, maka penyelesaian akan dilakukan sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    2. Penyelesaian secara hukum akan dilakukan di Pengadilan Negeri dimana kedudukan PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA berada, yakni Kota Bandar Lampung.

Seluruh Mitra Bisnis wajib mematuhi semua kode etik dan peraturan Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA, setiap perubahan dan penyempurnaan sistem usaha PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA akan diberitahukan melalui pemberitahuan tertentu.

PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA mempunyai hak mutlak untuk memperbaharui atau menyempurnakan kode etik dan peraturan Mitra Bisnis PT. SMM SHAFA MARWA MULTIGUNA apabila dianggap perlu dan setiap perubahan dalam Kode Etik dan Peraturan Perusahaan ini akan diberitahukan kepada seluruh Mitra Bisnis selambatnya 30 (tiga puluh) hari sebelum diberlakukan dengan persetujuan terlebih dahulu dari Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.